Thursday 19 April 2018

Isekai wa Smartphone to Tomo ni Chapter 199 Bahasa Indonesia


TranslatorRamune
Editor
Shiro7D
Proof Reader
UDesu


Arc 23: Datangnya Ancaman Baru

Chapter 199:  Frame Baru, dan Ramalan Invasi Baru



Jadi, maksudmu kau bisa membuatnya dengan ini?(Touya)

「Ya… Pertama-tama, kita bisa membuat Ether Liquid agar tidak dibutuhkan lagi. Ah, tapi, bukan berarti tidak dibutuhkan sama sekali, yang kumaksud adalah kita tidak perlu memprosesnya lagi (Rosetta)

Rosetta menjelaskannya sambil melihat cetak biru yang kudapat dari [Gudang] di meja [Bengkel]. Peran dari Ether Liquid adalah untuk menyalurkan kekuatan sihir pilot pengguna ke seluruh tubuh Frame. Sampai sekarang, Frame kami menggunakannya untuk bergerak, tapi sepertinya core dari model baru menyerap kekuatan sihir yang ada di atmosfir untuk menyalurkannya ke seluruh Frame berkat mesin yang baru diinstal. Apa hal ini seperti mengupgrade baterai listrik ke baterai surya?

Akan tetapi, material mentah mesin baru ini terbuat dari Kristal Fraze. Aku penasaran kalau prof. itu juga mengetahui karakteristik special dari Kristal itu dan menggunakannya.

「Model baru ini adalah sebuah konsep tentang bagaimana cara mengkonstruksi dan memasang beberapa bagian frame dengan karakteristik yang berbeda ke core inti dan tulang frame. Pada model yang dulu, kita menggunakannya sebagai sistem utama dan pada model yang baru akan digunakan sebagai kerangka dengan berbagai variasi. Dengan kata lain, frame yang baru tidak memiliki bentuk awal yang serupa. (Rosetta)

Bisa dibuat seperti apapun… tidak, sebaliknya, kita tidak bisa membuatnya sebelum menentukan jenis apa yang mau dibuat, kan? (Touya)

Benar. Kita bisa saja membuatnya dengan "sesuka hati", tapi akhirnya frame itu hanya akan menjadi besi rongsokan yang tak berguna. (Rosetta)

Aku tidak akan membiarkannya. Aku ingin membuat frame model baru yang mudah untuk digunakan, tapi…

Kita harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti mobilitas, daya keluar, armor, rasio konversi energi sihir, keakuratan dan perlengkapan. Berdasarkan apa yang kukatakan tadi, jika kita mau membuat armor yang sangat tebal & kuat, tentu saja kita harus mengurangi mobilitas dari frame, jika kita meningkatkan daya keluar, rasio konversi kekuatan sihir akan berkurang. Dan jika kita menyetarakan kuantitas sihir Master yang absubukan, eeh… etto… hehehehe… kuantitas sihir yang mengagumkan, akan mungkin untuk meng-aktifkan beberapa sihir sekaligus. Hasilnya bisa bervariasi tergantung sang pilot (Rosetta)

Ya maaf saja kalau aku punya kuantitas sihir yang absurd. Akan tetapi, apa yang harus kita lakukan? Memang sih, kuantitas sihirku sangat banyak, tapi yang lainnya…. kupikir lebih baik jika semuanya punya frame yang kemampuannya sama dengan  kemampuan spesialis masing-masing. Contohnya, Frame milik Elze hebat dalam kekuatan dan kecepatan mobilitasnya.

Orang lain tidak akan bisa menaiki frame baru ini meskipun jika mereka ingin. Akan tetapi, kita bisa mendorong dan mempercepat waktu reaksi frame dan menyeuaikan dengan aliran sihir penggunanya. Yah, fitur tambahan ini akan menyusahkan bagi orang lain yang ingin menaikinya.

Ok… pertama-tama, kita harus memanggil robot-mini yang ada di [Gudang] dan menyuruh mereka membantu. Kalau tidak begitu, kami berdua (Rosetta & Monica) tidak akan bisa mengurusinya (Rosetta)

Kedengarannya masuk akal. Aku melihat 2 robot pembantu berjalan kesana-kemari di [Bengkel]. Meski Robot-robot ini terlihat biasa saja, mereka sangat mahir dan bisa mengurusi hampir semua hal dengan sempurna jika mereka mengingatnya. Di sisi lain, mereka juga punya kecacatan…. yakni tidak bisa mengurusi dirinya sendiri dan mereka tidak bisa berpikir untuk menjadi lebih baik, tapi, mereka tetap sangat membantu.
 (TL : Ya iyalah touya….mereka robot otomatis)

Produksi masal frame- tipe heavy knights dan yang lainnya akan diberhentikan untuk sementara waktu karena [Bengkel] akan membuat frame-tipe baru. Hal itu tidak akan menjadi masalah karena jumlah frame kami sudah lumayan banyak.

Oh iya… Ayo buat 1 untuk Elze sekarang. Prioritaskan kekuatan dan kecepatan mobilitasnya, oh… dan tambahkan armor di tangan dan kaki frame-nya. Yang kita bahas adalah Elze... jadi kita tak perlu memperhatikan hal-hal yang berbau sihir. Kita akan menyetelnya setelah frame itu selesai (Touya)

Oke… (Rosetta)

Kami akan memulai dengan Elze karena gaya bertarungnya adalah yang termudah diantara kami semua. Serangannya hanya terdiri dari meninju dan menendang musuh sampai hancur. Dan jika dilihat dari cara bertarungnya, aku percaya kami tidak perlu memperhatikan keseimbangan sihir di frame itu. Frame ini bisa disebut dengan “ Model-spesialisasi-tunggal”.

Setelah itu, aku berjalan menuju [Gudang], sambil mempercayakan pengembangan frame ke Rosetta dan monica.

Oya? Tuan, Terima kasih atas kerja-kerasnya~ssu! (Plashie)

Aku memasuki [Gudang], dan di sana… Palshee menyambutku sambil menatap kotak monolit hitam. Kostumnya adalah tipikal pendeta kuil jepang, yang memakai hakama merah di jubah putihnya. Ah… Jika aku tidak salah, bukankah rambut ponytail tidak cocok bagi pendeta kuil?

Oh, iya… ini kan isekai, kurasa logika di bumi tidak cocok dengan logika di sini.
Aku penasaran apakah desain kostum ini termasuk salah satu desain yang telah kuberikan pada Zanakku-san?… Aku sudah lupa. Tapi tetap saja, apa-apaan pilihannya ini? Penjaga kuil yang ceroboh itu agak… Haaah… aku tidak tahu apakah Kami-sama memperbolehkan hal ini.

Aku sudah membuat daftar item yang ada di [Gudang]~ssu. Ada 1093 item di sini ~ssu (Plashie)

Ternyata cukup banyak, ya? (Touya)

Aku melihat daftar yang diberikannya padaku untuk mengantisipasi adanya barang-barang berbahaya buatan Prof. bejat itu. Ada beberapa item yang kupahami kegunaannya… tapi ada juga beberapa yang tidak. Apakah kita bisa mengisolasi item seperti [Pakaian dalam tempur untuk pertempuran], [Baju mandi yang sungguh berbahaya], atau [Armor Bikini] yang dibuat olehnya?

Mn? Apa ini…. mhhmm [Obat pembesar dada]? Astaga…. mungkin Ini akan menjadi pemicu perang antara wanita…

Palshee!, jangan beritahukan daftar ini atau item yang ada di sini kepada siapapun… termasuk calon istriku sendiri tanpa izinku. Aku juga melarangmu untuk memberikan daftar ini pada siapapun juga. PAHAM? (Touya)

? Roger ~ssu (Plashie)

Besar ataupun kecil, semua wanita mempunyainya. Dan hal ini tidak ada hubungannya dengan mana yang lebih besar dan kecil. Contohnya, bukan berarti nasi itu enak sedangkan roti itu tidak. Kedua-duanya tetaplah enak!
(TL:Aku setuju denganmu bang…..kualitas tetaplah yang terbaik!!)

Yah, tidak salah sih jika ada orang yang lebih suka nasi daripada roti. Dan jika aku…… Kupikir aku suka keduanya.

Tapi ayo kembali ke topik awal.

Hal ini mengingatkanku, seharusnya ada Ether Liquid di sini. Tolong kirimkan itu semua ke Monica di [Hangar] dan Rosetta di [Lokakarya] (Touya)

Roger ~ssu (Plashie)

Palshee mengoperasikan monolith hitam itu lalu ada 9 kotak muncul dari lantai. Aku melihat isinya yang ternyata adalah botol-botol tertutup rapat yang mirip dengan botol air mineral 500ml di bumi yang berisi cairan hijau yang mirip dengan minuman soda melon.

Para robot-mini menempatkan 9 kotak itu ke atas kepala mereka dan berjalan keluar dari [Gudang].

Palshee!!, apa maksudnya dengan sobekan di buku ini…(Touya)

Yaaa, itu item yang sudah hilang~ssu (Plashie)

Palshee mengatakannya dengan suara yang kecil sambil dengan bahu yang terlihat lemas. Artifak seperti [Gelang penyerap iblis] dan [Gelang pertahanan] tercatat di sini, tapi [Permata keabadian] tidak.

Oh… jadi namanya [Mata Undead], ya? Orang itu pasti sudah mengubah namanya seenaknya.

kalau tidak salah, kurasa ada tulisan kecil di bagian dalam setiap artifak. Itu pasti nama itemnya.

Dan… kurasa nama asli dari pedang suci Restia adalah [Pedang penyembuh], dan Ripple si CCTV adalah [Lukisan hidup] (Touya)

Masih ada beberapa item hilang yang masih ada meskipun sudah kukurangi dengan artifak yang sudah kutemui. Yah, akan merepotkan untuk mencarinya sekarang . Item-item itu pasti dianggap barang mewah oleh pemiliknya. Dan kurasa mereka tidak akan mau mengembalikannya jika aku memintanya.

Dan kalau dipikir-pikir, mustahil bagiku untuk mencarinya. Meskipun aku tahu namanya, sihir pencariku tidak akan bisa mencari benda yang tidak kuketahui. Sayang sekali, dan item-item ini tidak ada gambarnya sama sekali.

Tuan (Kohaku)

Mn? Kohaku? Ada apa? (Touya)

Tiba-tiba, ada pesan telepati dari Kohaku yang seharusnya ada di istana. Apa ada sesuatu yang terjadi?

Saya ingin melaporkan kalau ada Frame-merah tak dikenal di barat istana(Kohaku)

Frame-merah? (Touya)

Ah, merah, Apakah itu [Dragoon] milik End? Kenapa ia ada di Brunhild?

Aku bergegas ke sana dengan [Gate], setelah tahu lokasinya melalui peta. Dan saat aku sampai, dragon knight berdiri dengan gagah di tengah-tengah tanah kosong, dan End terlihat sedang tidur-tiduran di bahunya.

End!!! (Touya)

Ah, Touya. Lama tak bertemu, ya. Sudah kuduga kau pasti akan datang kemari jika aku menunggu di sini (END)

End Melompat dari bahu [Dragoon] sambil mengibarkan selendang panjangnya. Badannya ringan seperti biasanya…. ia menolak gaya gravitasi.

Apa yang sedang kau lakukan di sini? (Touya)

Yah... lihatlah robot yang kau berikan padaku kemarin…. tiba-tiba ia berhenti bergerak. Kurasa Touya pasti bisa membetulkannya (END)

Berhenti bergerak? Ah, Ether Liquid-nya pasti sudah habis. Yah… soalnya robot ini sangat boros sih. Biasanya Frame akan berhenti bergerak setelah 1 bulan meski tidak dioperasikan sama sekali. Efek dari Ether Liquid (setelah diteliti) dipastikan akan terus berkurang seperti minuman bersoda yang ada di bumi.

Kalau frame ini memang berhenti bergerak, bagaimana caranya ia bisa memindahkannya kemari? Apakah ia menyimpannya dengan kekuatannya? Jika kekuatannya sama dengan [Storage]-ku, waktu juga akan terhenti di sana.

Yah, kurasa aku akan menggunakan kesempatan ini untuk meng-upgradenya agar tidak menggunakan Ether Liquid lagi. Akan sangat merepotkan jika kau selalu datang kemari jika Ether Liquid-nya habis. (Touya)

Aku berterimakasih jika kau mau melakukannya untukku (END)

Kira-kira akan memakan waktu 3 hari untuk meng-upgradenya. Bagaimana? (Touya)

Tidak apa-apa. Aku akan berjalan-jalan di negaramu sambil menunggunya (END)

Aku akan merasa terganggu jika aku membiarkannya berjalan-jalan sesukanya. Tapi bagaimana caranya aku melarangnya…. aku merasa tidak enak. Soalnya dia membantu kami pada saat penyerangan Fraze, dan akupun juga bergantung padanya sebagai rekan seperjuangan…. Di sisi lain aku akan terganggu jika tiba-tiba ia menaklukkan lantai terakhir di ketiga dungeon kami. Yah biarlah, hal itu hanya akan berdampak kecil ke bisnis negaraku.

Aku sangat berterima kasih jika ia bisa dibetulkan dalam tiga hari lagi. Soalnya… melawan Fraze Kelas-lanjut atau Atas dengan tubuhku sendiri akan sangat merepotkan (END)

………………APA?」 (Touya)

Apa yang barusan ia katakan? Kelas-atas? Apa Fraze Kelas-atas akan keluar lagi?

Oi… apa yang kau maksud dengan “Kelas-atas”? (Touya)

Kemarin aku menemukan distorsi dimensi. Dan itu akan membuat lubang antara seminggu atau 10 hari lagi. Dan kupikir, hanya sebagian kecil dari mereka yang akan datang jika dibandingkan dengan kemarin (END)

Bukan-bukan-bukan itu masalahnya! Aku tidak bertanya tentang jumlah mereka! Tadi kau bilang kalau kelas-atas akan keluar kali ini! Monster itu bisa menghancurkan kota dalam sekali serang!

Tu-Tunggu sebentar! Kumohon beritahu aku… dimana kau melihat distorsi itu?! (Touya)

Eh? E~to, di sebelah timur…. Ah, apa kau punya peta? (END)

Aku memproyeksikan peta di udara dengan terburu-buru, dan End menunjuk 1 lokasi tertentu.

Di sini. Mungkin agak sedikit melenceng dari tempat yang kutunjuk, tapi kupikir mereka akan muncul di sekitar sini. Jika kau punya kenalan di daerah itu, aku percaya bahwa sebaiknya kau segera menghubungi mereka dan menyuruh mereka untuk mengungsi dari sana (END)

Untungnya aku tidak punya kenalan sama sekali di daerah yang End tunjuk.

Federasi Rodomea, ya... (Touya)


Sebuah Negara serikat yang terdiri dari 7 provinsi di sebelah timur Kekaisaran Regulus. End menunjuk tempat di dekat ibukota Negara tersebut.

Ini buruk… Meskipun jauh dari ibukota, aku berasumsi bahwa Fraze Kelas-atas yang keluar setidaknya sama kuat dengan Buaya yang kemarin. Kami tidak bisa melakukan apa-apa jika ia tiba-tiba menyerang dengan lasernya ….

Ini sungguh buruk. Kerusakannya pasti akan sangat parah. Jika keadaannya memungkinkan, aku ingin mengalahkan mereka setelah meminimalisir kerusakan dan meminta penduduk agar segera mengungsi, tapi daerah itu adalah daerah negara lain yang tidak mungkin kuterobos begitu saja.

Dan kalaupun sudah kuperingati, aku tidak tahu apakah mereka akan menurut dan mengungsi karena secara teknis aku orang asing bagi mereka. Dan kemungkinan besar, mereka tidak akan percaya dengan omonganku. Meskipun aku ingin agar mereka mempercayaiku jika mereka tidak ingin seperti Yuuron.

Kau yakin kalau mereka akan muncul, kan? (Touya)
Mereka pasti muncul (END)

Aku merasa takut. Sialan… kenapa omongannya selalu menjadi kenyataan yang tak bisa dihindari?

Sekarang, Raja Rodomea, bukan,… negara itu dipimpin oleh seseorang yang disebut dengan “Gubernur Provinsi”, kan? Tapi aku tidak punya pilihan lain selain memaksanya untuk percaya padaku.

Bagaimana kalau aku meminta Kaisar Regulus untuk mengirim pesan? Ah, aku lupa… Rodomea dan Regulus tidak begitu bersahabat, kan?  Jika kuingat-ingat memang seperti itu…

Jika seperti itu… aku tidak punya pilihan lain kecuali meminta seseorang seperti mantan raja Restia atau ketua guild Rerisha-san.

Jika aku memang ingin mengontak mereka, aku harus memulai dengan Rerisha-san dulu. Karena di Rodomea ada guild adventurer juga. Mereka pasti percaya pada guild dan mengungsi sebelum dimusnahkan oleh Fraze seperti Yuuron.

Beberapa adventurers pasti akan memberitahu mereka jika aku menyuruh Rerisha-san untuk menyebarkan berita ini.

Sebaiknya aku segera melakukannya jika memang seperti itu rencananya. Aku mengirim Frame-End ke [Bengkel] dengan [Gate] dan segera menuju guild  dimana Rerisha-san berada.





Sebelumnya || Daftar Chapter  || Selanjutnya

6 comments: